PPID Kabupaten Daharmasraya

Tentang PPID Dharmasraya

A. Gambaran Umum

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Dharmasraya adalah lembaga ad hoc yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

PPID Kabupaten Dharmasraya pertama kali dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Dharmasraya Nomor : 189.1/243/KPTS-BUP/2014 yang diketuai Kepala Bidang Bidang Kominfo Dinas Perhubungan, Komunikasi Informasi, Pariwisata Seni Budaya. Akan tetapi, karena ketatalaksanaan PPID Pemerintah Daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010, tahun 2015 Ketua PPID Kabupaten Dharmasraya dijabat Kepala Bagian Humas dan Protokol melalui Keputusan Bupati Nomor : 189.1/276/KPTS-BUP/2015 dan juga Keputusan Bupati Dharmasraya Nomor : 188.45/57/KPTS-BUP/2018.

Sementara itu untuk memudahkan pelaksanaan teknis PPID, Bupati Dharmasraya telah menandatangani dua produk hukum daerah, yakni : Peraturan Bupati Dharmasraya Nomor 15 Tahun 2015 tentang Tata Kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan Keputusan Bupati Dharmasraya  Nomor : 189.1/347/KPTS-BUP/2015 tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Hingga saat ini seluruh Kepala Bagian di Sekretariat Daerah, Sekretaris Sekretaris DPRD, Sekretaris Dinas, Kepala Kantor, Sekretaris Camat dan Kepala UPTD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah dilibatkan sebagai PPID Pembantu.

Sebagai bentuk komitmen penyelenggaraan keterbukaan informasi, Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya telah menyepakati pengalokasikan dana operasioanal guna menunjang kinerja PPID pada setiap tahun anggaran.

Untuk memudahkan akses informasi Publik, PPID Kabupaten Dharmasraya telah mengembangkan sistem informasi berbasis elektronik (e_government) yang didalamnya terdapat berbagai informasi Badan Publik Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

PPID Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membuka permohonan layanan akses informasi publik secara online dengan mengirim permohonan ke ppid.dharmasraya(at)gmail.com atau datang langsung ke Desk Layanan Informasi Publik dengan alamat Media Center Kantor Bupati Dharmasraya, Jalan Lintas Sumatera Km 2 Pulau Punjung.

 Desk Layanan Informasi Publik, Media Center Kantor Bupati Dharmasraya, Jl. Lintas Sumatera Km. 2 Pulau Punjung, Kode Pos : 27573, Telpon : 0754 – 40333, Fax : 0754 – 40332, email : ppid.dharmasraya(at)gmail.com

 

share

Komentar

Kirim Komentar

*masukkan 3 karakter terakhir
developed by DimensiTekno