PPID Kabupaten Dharmasraya
Beranda | Berita | Bupati Dan Forkopimda Tinjau Posko Pengamanan Mudik Lebaran 2022


BUPATI DAN FORKOPIMDA TINJAU POSKO PENGAMANAN MUDIK LEBARAN 2022

03/05/2022 13:05:32 54

BUPATI DAN FORKOPIMDA TINJAU POSKO PENGAMANAN MUDIK LEBARAN 2022


*Sutan Riska Pastikan Layanan Kesehatan Buka 24 Jam


Dharmasraya - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama jajaran Forkopimda Meninjau Posko Pengamanan dan Layanan Mudik Lebaran 2022, Kamis (28/4/2022).


Dalam peninjauan itu Sutan Riska didampingi Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, Dandim 0310 Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Sekda Adilisman, Asisten II Yefrinaldi, Kasat Pol PP Safaruddin, Kepala Dinas Perhubungan Ramilus, dan sejumlah kepala OPD lainnya. 


Peninjauan dilakukan di Posko Pengamanan Sungai Rumbai, Posko Pengamanan Simpang Silago, dan Posko Pelayanan Umega. Pada kesempatan itu bupati mengecek kesiapan sertan menyerahkan bingkisan kepada petugas yang berada di posko pengamanan. 


Operasi Ketupat Singgalang 2022 resmi digelar mulai 28 April hingga 9 Mei 2022 mendatang, diprediksi  kepadatan arus lalu lintas pada momen mudik Lebaran akan terjadi. Hal ini tentu dampak dari telah diperbolehkannya warga melakukan mudik Lebaran usai pandemi terpantau melandai.


Menurut Sutan banyaknya warga Minang di rantau tentu membuat arus mudik dan arus balik kali ini ramai, apalagi setelah dua tahun tidak pulang ke kampung halaman.


Dharmasraya sebagai gerbang masuk perantau dari pulau Jawa ke sejumlah daerah di Sumbar, Bupati dua periode itu meminta seluruh petugas yang tergabung dalam pengamanan mudik lebaran diminta menyambut dan melayani para perantau dengan sebaik mungkin, salah satunya dalam hal layanan kesehatan yang menjadi salah satu pelayanan dasar masyarakat. 


Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten (Apkasi) itu mengamati sejumlah pemudik sudah mulai memasuki Sumbar memasuki H-3 lebaran. Hal itu terpantau dari sejumlah kendaraan roda empat bernomor polisi pulau Jawa mulai memadati arus lalu lintas dan sejumlah rest area yang ada. 


Demi kenyamanan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi arus mudik dan libur lebaran, Pemkab Dharmasraya juga memastikan seluruh pusat kesehatan nasyarakat (Puskesmas) akan buka pelayanan 24 jam. 


"Untuk pelayanan status gawat darurat di seluruh puskesmas dan dua RSUD tetap buka 24 jam," kata Bupati Sutan Riska melalui Kepala Dinas Kesehatan Harry Pom Satria. 


Disebutkannya sebagaimana di ketahui Puskesmas Gunuang Medan dan Puskesmas Sialang serta RSUD Sungai Rumbai dan RSUD Sungai Dareh adalah layanan kesehatan yang terletak di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Dharmasraya. 


Sehingga dapat dipastikan seluruh perantau minang dari pulau Jawa akan melewati jalur tersebut untuk pulang kampung halaman masing-masing. 


Maka dari itu, Pemkab setempat meminta manajemen rumah sakit umum daerah yang menjadi rumah sakit rujukan agar memastikan selalu petugas kesehatan, alat kesehatan, serta saranan prasarannya siap melayani masyarakat, khususnya pemudik. 


Disisi lain, Dokter yang baru saja dilantai menjadi Pengururus Besar IDI itu juga memastikan pelayanan kesehatan 24 jam di posko pengamanan mudik lebaran. Menurutnya berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait ada tiga posko yang sudah dibentuk, diantaranya Sungai Rumbai, Gunung Medan, dan Sialang. 


"Di setiap posko kita tempatkan tenaga kesehatan bersama kawan-kawan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dishub yang siap melayani pemudik selama 24 jam. Tindakan yang dapat diambil petugas di posko khsusus penanganan tanggap darurat saja," tutupnya menambahkan (*)