Beranda | Berita | Peletakan Batu Pertama Pembangunan Markas Kodim Dharmasraya


PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN MARKAS KODIM DHARMASRAYA

24/10/2022 05:10:54 20

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN MARKAS KODIM DHARMASRAYA 

*Sutan Riska : Wujud sinergitas TNI-Pemda Bagun Daerah 

Dharmasraya : Pembagunan markas Kodim Dharmasraya, Sumatera Barat secara resmi dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama oleh Komandan Korem (Danrem) 032/Wiraraja Brigjen TNI Purmanto di Kawasan Sports Center Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Jumat (21/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan, Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Danrmail Pulua Punjung Tuty Andayani, beserta unsur Forkopimda, dan kepala OPD. 

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengatakan hadirnya markas Kodim Dharmasraya adalah suatu harapan yang sudah dinantikan sejak lama, dimana rencana pembangunan sudah dimulai sejak tahun 2014 dan baru terwujud di tahun 2022.

"Jika yang flashback kembali, proses pembangunannya cukup panjang ini jendral,  kalau tidak salah rencana ini di mulai bersama Danrem kala itu Pak Nurahman, sudah berapa berap kali danrem berganti. Namun kami pemerintah daerah tetap komitmen agar pembangunannya dapat terwujud dan alhamdulillah hari dapat kita mulai," kata Sutan Riska, usia kegiatan peletakan batu pertama, Jumat (21/10/2022).

Sebagimana diketahui, pembangunan kantor Kodim Dharmasraya menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dengan pagu dana sebesar Rp2 miliar. Markas Kodim Dharmasraya akan dibangun di lahan seluas 10 hektare di kawasan Sport Center Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru. Dimana sebelumnya pemerintah daerah telah menghibahkan lokasi tersebut ke TNI. 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia itu kehadiran Markas Kodim Dharmasraya akan semakin menguatkan sinergitas antara TNI dan Pemerintah daerah dalam pembangunan Dharmasraya ke depan. 

Dilanjutkam Raja Koto Besar ini, pembangunan markas Kodim Dharmasraya tentunya sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat jarak Dharmasraya dengan Kodim 0310 saat ini lokasinya cukup jauh yang berada di Kabupaten Sijunjung. 

"Semangat pembangunan ini adalah bentuk komitmen kita dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, tidak terkecuali antara rakyat dan TNI," katanya. 

Sementara, Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Bupati Sutan Riska dan pemda dengan terwujudnya pembagunan Markas Kodim di Kabupaten Dharmasraya. 

Kehadiran kantor kodim sendiri tentu sangat dibutuhkan TNI dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas bagi dandim dan prajurit itu sendiri kata dia sebagaimana diketahui saat ini kodim Dharmasraya masih bergabung dengan Sijunjung yang tentunya akan menyulitkan bagi anggota. 

"Iya kalau pak dandimnya punya tiga wilayah tentu dalam melaksanakan tugas badan juga dipecah menjadi tiga, kondisi ini tentu akan menyulitkan dan konsentrasi kerja akan terpecah juga. Dengan hadirnya Kodim di Dharmasraya menjawab persoalan yang ada selama ini," katanya. 

Ia menilai hadirnya Kodim Dharmasraya akan semakin memfokuskan sinergitas yang dibangun antara pemda, TNI, dan Polri dalam rangka membatu pemda mewujudkan pembangunan di wilayah. 

Begitu juga dalam menjalankan tugas utama TNI angkatan dalam membatu pertahanan daerah bagaimana meningkatkan pembangunan sebagaimana program daerah dalam mensejahterakan masyarakat dapat terwujud, terusnya. 

Ia berharapan dengan pembangunan kodim ini akan semakin mendekatkan TNI dengan rakyat, dan juga kontribusi TNI ke pemerintah daerah untuk mensinergikan program pemerintah harus juga ditingkatkan. 

"Serta membangun kreatifitas antara TNI dan Pemda dalam pembagunan Dharmasraya ke depan," tutupnya.