Beranda | Berita | Paud Darul Ilmi Gunung Medan, Dharmasraya, Gelar Parenting Outbound


PAUD Darul Ilmi Gunung Medan, Dharmasraya, gelar Parenting Outbound

10/04/2017 14:04:17 802

Dharmasraya, Infopublik- Dalam meningkatkan partisipasi orangtua dalam proses pendidikan, lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Darul Ilmi Gunung Medan Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menggelar serangkaian kegiatan Parenting Education, mulai 5  s/d. 10 April  2017 . Kegiatan ini merupakan  upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh sekolah dan  keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Dalam hal ini orangtua dapat berinteraksi langsung dengan anak dalam melakukan aktifitas sehari-hari, seperti memberi  makan (nourishing), memberi petunjuk  (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh berkembang.

Diawali dengan kegiatan penampilan bakat dan minat anak, Rabu (5/4/17) di kompleks Perumahan Mega Permai (MP) Gunung Medan. Pada Sabtu (8/4/17) kembali digelar Parenting Outbound,  di lokasi yang sama, dimana orangtua bersama anaknya melakukan aktifitas secara bersamaan. Untuk menambah semangat, panitia kegiatan juga menyediakan hadiah bagi pasangan orantua-anak terbaik.

Menurut salah seorang pengurus  yayasan Darul Ilmi, Suyati (57) Parenting Outbound yang merupakan bagian dari Parenting education dilaksanakan dalam rangka menunjang  program PAUD terintegrasi, meliputi tiga pilar yaitu Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB) dan PAUD.  Melalui kegiatan tesebut kita berharap orangtua memperoleh pencerahan bagaimana memperlakukan anak dengan baik, sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya.

Ditambahkan oleh isteri Suardi itu, selama ini ada beberapa orangtua yang memberi perlakuan kurang tepat kepada anaknya, misalnya mengatakan “jangan” ketika anak memanjat atau mencap anak “bodoh”  ketika dia gagal membuat sesuatu. Dengan adanya kegiatan seperti ini, kita ingin merobah pola pikir dan prilaku orangtua dalam mendidik anaknya. Misalnya ketika anak memanjat, kita bisa sampaikan “Wah sudah bisa memanjatnya, tetapi harus hati-hati ya.... karena kalau jatuh bisa cedera, lho” Suyati memberi contoh pada tim MC Dharmasraya.

Secara terpisah ketua panitia parenting outbound Wahyu Ningsih (26) didampingi guru Paud Darul Ilmi, Reni Rulita (31) menjelaskan bahwa dalam kegiatan parenting outbound kita mendorong anak untuk bisa mengenal warna sekalian melatih berhitung. Selanjutnya untuk mengenal  sarana koumnikasi , anak-anak akan kita bawa ke stasiun radio “Dharmasraya FM” di Gunung Medan lusa (10/4/17), imbuh wanita lajang lulusan STKIP PGRI Sumatera Barat itu.

Menyadari pentingnya peranan orangtua dalam pembentukan karakter anak, PAUD Darul Ilmi Gunung Medan kabupaten Dharmasraya menggelar serangkaian kegiatan Parenting Education, mulai Rabu (5/4/17) sampai Senin (10/4/17) di Nagari (desa adat) Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya, Sumatera Barat.